Pages

Sabtu, 30 Agustus 2014

[Walkthrough] Ellie : Help Me Out, Please [Bahasa Indonesia]

Yak, yang suka main game escape-escape-an harus coba yang satu ini, 'Ellie : Help Me Out...Please'.



     Gamenya sih rilis dari bertahun-tahun lalu, tapi saya baru review sekarang yak :v. Game Ellie ini diproduksi ATeam. Game-nya nggak terlalu ribet, grafiknya juga bagus. Seiyuu Ellie-nya juga ehem (baca : moe :v). Game ini bisa di download di Play Store android. Kita liat aja rangkaian ceritanya.

     Di awal game, kita jadi tokoh utama yang ceritanya terpaksa masuk ke bangunan tua gara-gara mobilnya rusak kena gempa. Di dalam bangunannya, ada monitor CCTV yang nyala. Di monitor itu ada perempuan (waw loli :v karung mana karung) berambut hitam pendek memakai  daster hitam. Setelah berinteraksi tentang gempa, kita diminta tolong sama dia. 

Iya tenang aja neng, saya ambil karung dulu.
     Dia cerita kalau dia diculik terus nggak bisa keluar. Penculiknya juga ada di ruangan yang sama bareng dia, tepatnya dibawah kamera CCTV. Penculiknya pingsan ketimpa reruntuhan pas gempa, katanya. Laluuu.... si loli minta tolong bantu cari jalan keluar dehh. Dan, let's play!


     Awal main, coba kita keliling-keliling ruangan dulu biar tahu apa aja yang ada disitu dan penjelasannya. Ada meja, cermin, stop kasur, kloset, dll. Habis lihat-lihat keadaan, kita suruh Ellie ambil koin yang ada di lantai.


     Koinnya buat apa? Pertama, kita klik 'Items' yang ada di kiri atas. Kita pilih koin yang barusan diambil. Si Ellie bakal bikin koinnya jadi tipis di alat yang ada di antara meja dan cermin ini.


     Kita gunain koin itu jadi obeng buat copot cermin yang ada disitu. Udah di copot, cerminnya bakal disimpen di Items buat dipakai nanti.

Ellie, jangan maling dong nak.
     Nah, pas tadi keliling, kalian udah coba buka laci yang ada di meja? Nggak ada yang bisa kebuka 'kan? Kita bakal buka laci yang tengah dengan kode. 


     Tapi  jangan dibuka dulu! Kalian lihat buku di dekat gambar bintang di lantai kan? Yang kalian berusaha ambil tapi kehalang Ellie? Kalau kita buka laci sebelum ambil buku itu, kita nggak bakal bisa nyelesain gamenya :v. Tapi mungkin kalian udah terus-terusan coba ambil bukunya tapi nggak bisa-bisa 'kan?

Plis nak, jangan ngalangin. Sono pergi *ngusir loli*
Mungkin kalian nyoba cara begini? Klik gambar bintang terus klik buku? :v
Atau gini?
Atau sampe ke kloset? :v
     Awalnya saya juga sempet kesel dan ngira bukunya cuma pajangan :v. Nah, cara ambilnya, ajak Ellie ke laci. Pas, dia lagi sibuk coba buka lacinya, kita klik kamera dan berhasil! Ellie nggak ngikutin kamera, jadi kita bisa ambil bukunya :v.




     Buat apa bukunya? Itu urusan nanti. Sekarang kita pecahin kode buat buka laci dulu. Di meja, ada tulisan-tulisan di kanan bawah. Di situ akan muncul seperti ini.


     Coba kita lihat huruf depan dari nama-nama yang ada di situ (dari atas kebawah dan sebelahnya). Kalau disambung bakal jadi kalimat 'O-P-E-N-D-R-A-W-E-R'. Yap! Itu kunci buat buka laci! Di bawah nama, ada 6 angka (0 8 3 3 0 0, dibaca dari kiri ke kanan). Kita ambil dua angka pertama. Kebetulan di situ saya dapat angka 0 dan 8. Angka yang kalian dapat mungkin bakal beda, jadi kodenya pun beda dari saya. Setelah ingat dua angka tersebut, kita lihat poster yang ada di tembok. Disitu ada angka dan diagram.


     Angka yang saya dapat (0 dan 8) diagramnya :
     0 = -- -- -- (panjang panjang panjang)
     8 = -- - -- (panjang pendek panjang)

     Yah, kodenya seperti morse ya :v. Nah, yang panjang kita sebut saja C (center = tengah *laci yang tengah) dan yang pendek L (left = kiri *laci yang kiri). Jadi kode laci yang saya dapat adalah CCCCLC (artinya, klik laci tengah 4 kali, laci kiri, laci tengah lagi). Setelah dapat kode, langsung saja kita praktekkan kodenya ke laci dan voila! Lacinya terbuka sekarang!


Kita dapat...
Sekop!
     Saat kita lihat ke dalam laci lagi, akan ada tulisan 'M.onStar'. Itu kata kunci untuk nanti.



     Lanjut, di situ ada tas Ellie, tapi dia bilang tidak ada yang berguna didalamnya.


     Benarkah? Tidak! Di situ ada dua barang yang kita butuhkan. Kita buka buku catatan yang kita ambil tadi. Kita klik Ellie dan dia akan membacakan isi bukunya.


     Memo. Ya, memo agar tidak lupa membawa hair dryer dan baju olah raga. Dua barang itu yang kita butuhkan. Setelah membaca itu, kita klik bantal yang ada di kasur dan Ellie bakal memindahkannya.


     Di bawah bantal ada...

Kita harus hilangkan kotorannya dengan hair dryer
     Setelah lihat hint itu, barulah klik tas Ellie. Dan dia akan bilang kalau dia lupa kode gemboknya. Hmm... Agak aneh ya?

Sempet-sempetnya nak ganti kode pas panik. :v
     Di lantai ada jamur tumbuh, dan Ellie bilang ada sesuatu yang terkubur di situ. Mari kita gali :v. Terus gali dan gali dan apa yang kita temukan?




     Yap! Tangan manusia! Wat?! Tangan?! Ya, tangan. Di tangan itu ada cincin yang berkelap kelip. Refleksi cahaya dari cincin itu kode tas Ellie! Perhatikan lama sebentar (panjang pendek) cahayanya. Setiap ada jeda, hitung itu 1 angka (dari diagram di tembok) misalkan, lama-lama-sebentar, berarti itu angka 9 (-- -- -). Perhatikan cahayanya sampai dapat 3 angka. Kalau terlewat, copot cincinnya & balikin lagi ke tangannya & perhatiin baik-baik deh. Setelah dapat, barulah kita bisa buka tas Ellie dengan kode tersebut.


     Kita ambil dua benda yang disebutkan di memo tadi dari dalam tas (setelah dapat hair dryer, klik lagi tasnya & barulah kita dapet bajunya).



     Pertama, mari kita pakai hair dryer-nya. Hair dryer butuh listrik 'kan? Colok hair dryer-nya ke sakelar di bawah tempat kaca.


     Saatnya menghilangkan kotoran! Klik tempat pesan di kasur tadi.


   Hmm hmm... Sekarang kita sudah tahu, kalau penculiknya adalah 'iblis yang menyamar sebagai perempuan'. Di awal game, Ellie menyebut penculiknya 'kono otoko' (lelaki itu). Tapi di pesan itu perempuan. Hmm hmm, keanehan kedua. Mulai curiga... Mulai curiga...

     Kedua, kita masukkan baju olah raga Ellie ke dalam kloset. Buat apa? Ini termasuk salah satu rencana kita.


     Siram klosetnya. Karena tersumbat, air dari klosetnya luber dan berceceran di lantai. Entah apakah itu air bersih atau kotor, tapi Ellie bilang klosetnya bersih sih :v.


     Masih ingat pesan di dalam laci? 'M.onStar'. Ada Item yang belum dipakai? Itu kuncinya. Item yang belum terpakai adalah cermin (mirror = M). Dan ada tempat aneh yang belum diketahui (pintu bawah tanah itu tidak temasuk karena itu endingnya :v). Gambar bintang di lantai. M.onStar = Mirror on Star. Kita suruh Ellie memegang cermin di atas gambar bintang tersebut.


     Air membuat cerminnya memantulkan bayangan! Sekarang kita tahu siapa penculik yang ada di bawah kamera. Tapi...

Matamu yang moe mana toh nak... -_-
     Oh tidak! Siapa itu?! Seorang perempuan yang disekap! Ellie yang selama ini kita bantu ternyata penculiknya! Oh, sekarang dia menjadikan Ellie Foster yang asli sebagai sandera dengan mengancam kita dan kita harus menemukan jalan keluar untuknya agar Ellie tidak disakiti. Dia benar-benar iblis! Plis, kenapa kamu harus jadi loli yandere sih?!?! (WOAO)W



     Keadaan makin memanas, backsound juga jadi suram. Keadaan apaan nih?! Kalau saya yang ada di situasi begitu, mending kabur dah :v //geplaked. Kita nggak bisa tinggalin Ellie asli begitu aja. Doushiyo doushiyo, nah, ayo kita selesaikan klimaks game ini. Ambil sekop dan klik tembok yang ada di sebelah kloset. Di situ bakal muncul tempat kode untuk buka pintu bawah tanahnya.

Anak baik nggak boleh ngerusak tembok ya :v.

     Di mana kodenya? Aha! Tembok di atas kasur tertulis angka romawi yang dicoret-coret sampai yang terlihat cuma bagian tengahnya. Kalau tidak bisa membacanya, kalian juga bisa pakai kode yang ditunjukkan jarum jam.


     Mungkin masih ada yang bingung cara bacanya gara-gara nggak jelas angka romawinya :v. Yang saya dapat di gambar atas itu dibaca 7 9 1 2 5 3 (IXI dibaca 9 & 1 bukan 1 & 11, soalnya kodenya cuma cukup buat 6 digit  :v). Kita masukkan kodenya, dan waw! Pintunya terbuka! Bentar... Ellie palsu mau kabur!




     Di sini ada dua pilihan, HAPPY END atau BAD END.

    Mau HAPPY END? Ikuti langkah ini. Pertama, jangan sentuh Ellie palsu! Kita lihat Ellie asli yang di borgol. Klik Ellie, dan pastikan kakinya bisa bergerak sedikit.


     Langkah terakhir! Jatuhkan hair dryer-nya!



     Ellie palsu kesetrum! Buahahahah! Entah kenapa saya ketawa penuh kemenangan di adegan ini :v. Dan tamat! Selamat yang bisa menyelesaikan game ini!
.
.
.
.
.
.
.
    Penasaran sama BAD END-nya? Klik aja Ellie palsunya sampai dia turun! Selamat mencoba! _( : 3 / L)_



 BONUS :v

*MoeLevelOver1000* Sumber .

Special thanks to everyone. Arigatou yo!

240 komentar:

  1. Gw msh bingung cara hitung jeda waktunya gan, kalo sebentar-sebentar-lama angkanya brapa ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita liat tabel di tembok gan, kalau sebentar-sebentar-lama berarti angka 4 (pendek-pendek-panjang) :3 thanks udah mampir

      Hapus
    2. Masih bingung nih gan cara mecahinnya. Gak ngerti2 haha

      Hapus
    3. @nining tanya aja kesini bagian mananya yang gak ngerti, bakal kita bantu kok hehe :3
      makasih udah mampir

      Hapus
    4. Saya masih bingung cara mecahin kode tas ellie itu barapa.??

      Hapus
    5. Min aku gak bisa mecahin kode tas ellie dari kilatan cincin bantu aku min. Bawaanya pgn uninstal game ini hehe

      Hapus
    6. Kok si ellie cuman bilang, tas nya cuman gak beeguna. Gak ada kodenya min

      Hapus
  2. Cara ngambil bukunya itu gak bisa
    Aku udah di ke laci in tapi kameranya gak mau dipindahin tanpa ada ellie

    BalasHapus
    Balasan
    1. ajak Ellie ke lacinya 3 kali, pertama diajak ke laci Ellie bakal fokus ke tulisan di meja, pas diajak kedua kalinya Ellie bakal fokus ke laci yang gak bisa dibuka, nah yang ketiga kali Ellie bakal bilang "I'll try pulling the drawers.", barulah kita bisa pindah arah kamera :3 semoga bermanfaat

      Hapus
  3. Kode tas nya udh dimasukin tpi tetep gk ada respon

    BalasHapus
    Balasan
    1. habis dimasukin kodenya, kembali sebentar, terus balik lagi klik tasnya, nanti langsung kebuka kok :3 atau mungkin ada cahaya yang kelewat terus jadinya salah kode, coba lebih jeli lagi hitung cahayanya :3 semoga berhasil

      Hapus
    2. Kok cuma ada 8 kedipan ..???

      Hapus
    3. Kalo 8 berati salah 1nya angka 1 atau 2 soalnya 2 angka itu cma pake 2 tanda*lihat clue diatas meja.kalo misal udah bener tpi nggak mw kebuka cba di suflel. Jadi misal 211 tpi nggak mw padahal udah bener cba masukin 121 atau 112.

      Hapus
  4. Balasan
    1. setelah pasang cincinnya, langsung perhatiin cahayanya, cahayanya bakal kedip 9 kali, setiap 3 kedipan itu dihitung 1 angka, misalkan kedipannya 'sebentar-sebentar-lama *jeda* lama-sebentar-lama *jeda* sebentar-lama-lama' berarti itu kodenya 486 (sesuaikan sama morse angka yang ada di tembok) semoga berhasil :3

      Hapus
    2. Tapi yg ane 8 kali gan :3 terakhir 2x pendek-pendek :3

      Hapus
    3. Adam Nugroho@ wah itu kemungkinan ada yang kelewat :D coba diperhatiin lagi habis kedipan terakhir itu, pokoknya harus ada 9 kali kedipan :3 semoga berhasil gan

      Hapus
  5. Tamat!! :v
    Ellie palsu bahaya tuh gan..
    Psycho amat..
    Nice walkthrough gan.. Thanks berat.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bad endnya super sekali :v
      sama2 gan, thanks udah mampir :3

      Hapus
  6. sampe begadang, buka laci gabisabisa-__-, solusi dong cara buat touch lacinya. elie ngomong mulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. pas klik laci, ellie ngomong 'i open the left/center drawer', habis itu klik sekali lagi biar dia berhenti ngomong, baru klik laci lainnya sesuai kode, terus begitu sampai kode terakhir :3 semoga berhasil

      Hapus
  7. baik banget gua kayaknya nolongin penjahatnya-_- wwkwkw, tengkyu min udah berhasil. walaupun masih ribet :D

    BalasHapus
  8. seru lah...nyerah pas mecahin kode ditembok....game kyk gini apa lagi yak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh coba dari ATeam juga "Murder Room" gan, settingnya mirip Ellie :3 tapi lebih rumit
      banyak banget game2 escape macem gini sih, favorit saya itu produksi Goblin LLC gan, silahkan coba2 grafiknya oke banget itu :3 thanks udah mampir

      Hapus
  9. gan kok ellienya gak mau megang cermin diatas bintang??

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba ke laci lagi gan, soalnya di dalem laci itu bukan cuma ada sekop, tapi juga ada kode M.onStar yang artinya cermin diatas bintang, udah begitu baru deh si ellie mau megang cerminnya :3 semoga berhasil gan

      Hapus
  10. keren ini bang haha tengkyu udah share cara mecahinnya :D
    happy ending nya sukses.. tinggal coba bad endingnya nih,.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 gan, silahkan dicoba bad endingnya, super :3 makasih banyak udah mampir

      Hapus
  11. Kak caranya biar gembok tasnya keluar gmn ya? Kok aku udh pencet tas nya nggk mucul gembok ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah suruh ellie baca memo? kalau sudah tapi belum bisa juga, coba ke bantal di atas kasur, habis itu buka lantai yang longgar pakai sekop :3 habis itu bakal bisa kok, semoga sukses ^^

      Hapus
    2. memo itu buku catatan 😃 haha
      memo disini itu yang ada di lantai deket kasur, coba liat, ada di sebelah gambar bintang :3

      Hapus
    3. Kak aku udah klik" bantalnya tp kol tulisannya gak nongol" ya?

      Hapus
  12. Gimana cara buka gembok tasnyaaa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kodenya itu sandi dari kilauan cincin yang ada di lantai :3 selamat mencoba

      Hapus
  13. Jangan sekali2 coba bad ending nya ... nanti anda menyesal . Saya juga pernah penasaran dan mencoba nya dan ternyata ... (keyboard rusak nanti di sambung :v )


    PEACE :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. bad end-ya seru lho xD cobain ajaa kawan2~ niscaya jerih payahmu main game ini terbuang sia2 :'D #huhu

      Hapus
  14. Ko kedipan cincinnya lbih dr9x? Aq kn bngungbngung.ko bntrbntrr bntr jeda bntr bntr jd lama lma lma jeda dstvada lg sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, coba diakalin begini: lepas cincinnya, terus langsung siap2 perhatiin kedipannya pas dipasang, KEDIPAN PERTAMA UDAH DIMULAI WALAUPUN ELLIE MASIH NGOMONG, jadi mesti bener2 diperhatiin :)
      kedipannya emang nggak berhenti2, kedipannya berulang2 dari 9 kedipan pertama, inget2 aja 9 kedipan pertama yang didapet, kalau bisa dicatet :D
      selamat mencoba :3 makasih udah mampir

      Hapus
  15. cara ngejatuhin hair dryer nya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klik si ellie asli, pastiin kakinya bisa bergerak, abis itu klik hairdryer nya
      baru deh hairdryer nya bisa dijatohin :3 semoga berhasil
      makasih banyak udah mampir :3

      Hapus
  16. Kka aku udah coba buat buka code laci bberapa kali tpi ggal trus ,codenya yg CCCCLC kan kka ,
    Mohon bantuannya kka

    BalasHapus
    Balasan
    1. gini, coba kamu liat dulu di tembok, kan ada 6 angka tuh, nah kamu ambil 2 angka pertamanya (yang paling atas) soalnya 2 angka itu biasanya orang2 bakal BEDA DAPETNYA, nah MISALKAN angkanya tuh 3 dan 7, kamu liat di panel, 3 itu pendek-pendek-pendek dan 7 itu panjang-pendek-pendek, tinggal kamu rubah yang pendek itu L dan yang panjang itu C, jadilah LLLCLL, ngerti? :D semoga berhasil~
      makasih banyak yaa udah mampir :3

      Hapus
  17. Ka, kan code buat buka tasnya udh ada, tapi buat masukin code ke sitasnya ga muncul, cara masukinnya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kamu klik tas, dia bilang gak ada barang penting di dalamnya kan?
      nah, kamu udah ambil BUKU MEMO yang ada di lantai? kalau udah, coba kamu buka, nanti dia bakal bacain isinya "ada hair dryer dan baju olah raga", nahh, habis itu kamu klik BANTAL yang ada di kasur, bantalnya ketutup debu
      baru deh dia sadar :D dan bakal nunjukkin gembok tempat masukin kode tasnya :D
      semoga berhasil~ :3

      Hapus
    2. ka mau baca yang ada di bantal gak bisa

      Hapus
  18. yey aku tamat gan sekali maen tenkyu gan . beuh susah betul ternyata mecahin kodenya :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama gan :3 susah tapi asik kan?
      makasih udah mampir :3

      Hapus
  19. thx banget min... :v (y) berkat elu gw berhasil nge bait si loli palsu :v /

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoo sama sama gan :3 padahal lebih loli yang palsu ya xD sayang banget
      makasih udah mampir :3

      Hapus
  20. Kocak. Wkwkwkwk ellie palsunya. Kena setrum. Lalu jatuh... *THUD* Hilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. entah kemana hilangnya xD siapa tau ellie palsu masih hidup terus dibikin season 2 gamenya? :3 semoga aja
      makasih udah mampir :3

      Hapus
  21. thx banget min informasi'a, pengen coba BAD ENDING tp takut takut gmna gitu hahaha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoo coba aja BAD ENDnya xD seru lhoo hehe
      makasih udah mampir :3

      Hapus
  22. Kalo Kode Laci Nya 683300 Gmna Min..? :'v

    BalasHapus
    Balasan
    1. ambil 2 digit angka pertama, 6 dan 8
      nah, tinggal diliat di papan, 6 itu - -- -- (pendek panjang panjang) dan 8 itu -- - -- (panjang pendek panjang), karena panjang itu C (laci tengah) dan pendek itu L (laci kiri), jadi kode lacinya adalah LCCCLC (kiri tengah tengah tengah kiri tengah)
      selamat mencoba :3 semoga berhasil

      Hapus
  23. yang bikin kesel gua cuman yang bagian praktek in kode ke laci —— minta di hajar tuh laci. thanks yah :v tapi sayang. cuman 1 scan aja :/ gak ada bagian kedua —_—

    BalasHapus
  24. kog lacinya ga kebuka ya??
    padahal ane uda coba sampe maki"in Hp gw.. :v :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru bales ><
      kodenya berapa? yang diambil 2 angka pertama aja, terus diubah jadi kode panjang pendek (panjang = laci tengah, pendek = laci kiri) :3
      makasih udah mampir :3

      Hapus
  25. Wkwkwk..
    Sekali tau cara na , Gampang sekali maen nya.. Lol :D
    Aku maen the end yang pertama dengan Bad Ending , dan yg kedua kali dgn good Ending cuman butuh 5-10 Menit Wkwk..
    Tapi , Saat pertama main ambil tuch buku aja ampek mau ane Uninstal ini game :D
    Btw Thanks a Lot yah admin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. awalnya emang bikin kesel xD gak kelar kelar mainnya, hahaha xDD
      makasih banyak udah mampir :3

      Hapus
  26. Screenshoot bad endnya please :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha sengaja gak dimasukin biar penasaran :D
      pokoknya nanti Ellie palsu bilang kalau dia sebentar lagi bakal dateng ke tempat kita sekarang (tempat monitor cctv)
      daaann.. langsung tertera tulisan BAD END dan gambar Ellie palsu di jendela seperti diatas :D coba ajaaa~
      makasih udah mampir :3

      Hapus
  27. makasih gan sangat membantu. 👍👍👍

    BalasHapus
  28. Kalo kode laci nya 5 sama 6 gimana tuh ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 5 & 6 = pendek panjang pendek & pendek panjang panjang, karena yang pendek itu laci kiri (L) dan yang panjang laci tengah (C), jadi kodenya LCLLCC gan :3 selamat mencoba dan semoga berhasil
      makasih udah mampir :3

      Hapus
  29. cara ngebaca angka romawi untuk emergency exitnya gimna gan ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara bacanya sama seperti baca angka romawi biasa, cuma agak dikondisikan :3
      misalkan seperti di contoh yang saya dapat VII IXI IIV III, dibaca 7 91 25 3 bukan 7 111 25 3 karena cuma cukup untuk 6 digit angka :3
      mungkin kalau masih bingung bisa disebutin aja angkanya disini biar dibantu :3 selamat mencoba dan semoga berhasil
      makasih banyak udah mampir :3

      Hapus
  30. Kak kode tas Ellie berapa s?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung dari kedipan cincinnya :3 kamu gali dulu lantai yang agak kebuka pake sekop (sekop ada di laci), nanti kamu liat cincinnya bakal kedip panjang atau pendek, nanti tinggal disesuaikan menjadi angka dari tabel yang ada di tembok :3 semoga berhasil
      makasih udah mampir :3

      Hapus
    2. Kok sdh dikasih masuk kodenya tapi tas ellie tdk bisa kebuka.??

      Hapus
  31. Bingung buka laci mejanya. Disitu kodenya 5 dan 8. 5= pndk, pnjg, pndk. 8= pnjg, pndk, pnjg. Tolong bantuin ya masih bingung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap, panjang itu laci tengah (center / C) dan pendek itu laci kiri (left / L), jadi kalau dimasukin kodenya = LCLCLC (kiri tengah kiri tengah kiri tengah) :3
      selamat mencoba dan semoga berhasil :D

      Hapus
  32. Yng another room gimana cara main nya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang another room berbayar gan :D
      kalau mau tau walkthroughnya, ada yang berbahasa inggris :3

      Hapus
  33. Cara nyari kode di tasnya gmna sih ???
    Waktu kedip pertama itu udah kita itung ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap, kedipan pertama harus dihitung :3 kalau kelewat, tinggal copot cincinnya terus pasang lagi, baru deh perhatiin dari kedipan yang awal banget :3
      selamat mencobaa :3

      Hapus
  34. gan sya udah bisa smpe si eli nya masuk ke bawah to kok gk ada terusan nya gan apa emang gt doang y gan .

    BalasHapus
    Balasan
    1. ellienya masuk ke bawah? rute bad ending ya? :3
      yaa memang begitu, cuma bakal ada tulisan BAD END terus udahan :D haha sayang ya, tapi lumayan lahh, silakan main juga yang versi another room nya :3
      makasih udah mampir :3

      Hapus
  35. Cara nge bottom number codenya dihp gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, maksudnya apa ya? :3
      saya kurang tau nih gan :D

      Hapus
  36. Gimana gali tanganya gx bisaaaaaa???

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kokk, ambil dulu sekop di laci, terus dipake lewat klik ikon item di atas :3
      semoga berhasil :3

      Hapus
  37. min, game yg sama kayal gini apa ya?kalo bisa yang ada good ending sama bad endingnya biar tambah seru

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada game produksi ATeam juga, judulnya "Murder Room", disitu juga ada good end sama bad end nya kok :3 tapi agak lebih rumit daripada ellie
      kalau disitu, salah pilihan sedikit bakal berujung bad ending xD tapi seru kok
      selamat mencoba :3

      Hapus
  38. Frustasi saya mecahin kode cincin yg buat tas itu, ga nemu-nemu sampe pulpennya saya lempar

    BalasHapus
    Balasan
    1. kode cincin emang agak susah, mesti teliti xD
      perhatiin lebih teliti lagi, coba dicopot dulu cincinnya terus dipasang lagi, pas baru aja dipasang (ellie masih ngomong) cincinnya udah mulai kedip, nah kodenya mulai dari situ :3
      semoga berhasil :3

      Hapus
  39. Ellie gak megang kaca sih. Padahal itemnya udah aku ganti mirror

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelumnya, udah nyumbat kloset pakai baju olahraga belum? kalau udah, siram klosetnya biar airnya tumpah
      baru deh ganti itemnya jadi mirror, terus klik bintang merah yang ada di lantai :D
      semoga berhasil :3

      Hapus
    2. Apa kode tasnya ...
      Kasih tau.....

      Hapus
  40. Kak kok mau buka lavinya nggak bisa ya... kode saya sama kayak kode kakak... tapi setelah dicova tak bisa??? Tolong dijelaskan kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin kamu langsung pindah laci ya pas ellie masih ngomong? :3
      gini nih, jadi tuh kan kita klik salah satu dulu, misalkan tengah, biarin aja dulu ellie ngomong, kalau udah selesai ngomong baru deh pindah klik laci berikutnya sesuai kode :3
      semoga berhasil :3

      Hapus
  41. Kak cara nya gimana nih klo mau buka tas,aku udh liat kedipannya tpi yg pertama muncul "bentar lama" "bentar bentar bentar" "bentar lama lama",jdi gmn

    BalasHapus
    Balasan
    1. kedipannya harus 9 loh ya :3
      coba perhatiin lagi, baru deh diubah jadi sandi panjang pendek di tembok :3
      semoga berhasil :3

      Hapus
    2. Kak kok kedipannya cuma 8.?

      Hapus
  42. Gan gue baru doneload apk ini barusan waktu gue main gue udh baca artikel ini berkali-kali gue ada kesusahan waktu bukain laci biar dapet sekot btw kode gue sama kayak punya agan diatas CCCLC mungkin buat klik laci nya gimna gan mohon bantuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kodenya sama CCCCLC? :3
      mungkin waktu agan klik laci tengah terus ellie ngomong, agan langsung klik laci tengah lagi? :3
      nah, harusnya tuh, pas agan klik laci tengah (kode pertama), tungguin ellie selesai ngomong, baru deh diterusin kodenya :3 intinya sebelum lanjut, tunggu ellie selesai ngomong dulu gan :3
      semoga berhasil :3

      Hapus
  43. Cma main sekali gra" liat ni blog langsung tamat wwkwk thanks gan :v
    Btw ada recomend game kya gni lg ? :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk selamat ya gan :D
      ada nih, produksi ATeam juga, namanya "Murder Room" :3
      seru juga tuh gan, tapi rada rumit & serem, haha :3
      silahkan dicoba, makasih udah mampir gan :3

      Hapus
    2. Apakah kata sandi tasnya.???

      Hapus
  44. Kok tetep lacinya ga bisa d buka, padahal kode sama, trs masih nunggu si ellie ngomong. Help yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah, kok bisa ya?
      coba diperhatiin lagi 2 angkanya, dicek lagi kodenya bener gak :3 terus selalu tungguin ellie selesai bilang dia abis buka laci sebelah mana :3
      yaa cuma itu yang bisa saya saranin, soalnya disitu gak ada bug nya kok, kitanya harus hati hati :D
      semoga berhasil :3

      Hapus
  45. Tasnya koq kaga bisa kebuka / gak ada masukan code yaa
    Cincinnya udah saya bolak balik ketangan
    Costnya pendek 3pndeek3 panjang 1pendek 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. nahh, walaupun udah ketemu kodenya, gak bakal bisa munculin gembok tas kalau.. BELUM BUKA MEMO yang ada di lantai :3
      kalau misalkan udah terlanjur buka laci sebelum ambil memo, yaaa harus ulang dari awal :3
      misalkan udah ambil, baca dulu memonya :3 terus ikutin perintahnya buat liat tas :3 baru deh gemboknya bisa diakses
      semoga berhasil :3

      Hapus
  46. Bagaimana, caranya untuk membuka tas nya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. buka tas sebelumnya harus baca memo yang ada di lantai dulu, terus bisa cari kodenya dari kedipan cincin :3 penjelasannya ada diatas
      semoga berhasil :3

      Hapus
    2. Udah tamat gara2 cari di yt haha
      Untuk ruangan kedua harus beli ya
      Padahal lagi seru2nya

      Hapus
  47. Udah tamat gara2 cari di yt haha
    Untuk ruangan kedua harus beli ya
    Padahal lagi seru2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya haha :D another room berbayar, padahal dari teaser keliatannya seru banget tuh :3
      makasih udah mampir gan :3

      Hapus
  48. Tadi sempat kesusahan pas buka tas gara2 kode terakhir cuman 2 kedipan. Eh ternyata itu artinya '2' dikirain semuanya harus ada 3 kedipan:"v

    BalasHapus
    Balasan
    1. wwww merhatiin kedipan buat buka kode tas tuh emang paling ribet >< semoga berhasil yaa..
      makasih udah mampir :3

      Hapus
  49. Gan bingung lg nih yg nyari kode buat tasnya gmna ya, saya ga ngerti itu cincinya kedip2 mulu gmn cara ngitungnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. satu satunya jalan ya harus sabar merhatiin kedipan kuncinya :3
      cara ngitungnya, kedipan dihitung mulai dari dipasang :3 kalau ketinggalan, copot, terus pasang lagi :3 semoga berhasil

      Hapus
  50. Cara buka lacix gmn gan..sdh kasih masuk kode tp ttp g bisa elliex bcr trs..

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang ellie bakal ngomong terus kok :3 habis ellie ngomong, baru masukin kode selanjutnya :3 semoga berhasil

      Hapus
    2. Kak cara buat buka laci gmna kan udh dpt tuh kode nya trus di coba dengan saran kk tpi gk bisa gmna sih?

      Hapus
  51. Mw tax dong mas.q kan dpt kode lacix sama spt kodex mas..brrti kode untuk tasx sama g ya? Klw sama ksh tw boleh g..soalx bingung tntukn kodex

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya beda gan :3 kode tas nya belum tentu sama
      jadi mau gak mau harus liatin kedipan cincin yang agan dapet :3 semoga berhasil

      Hapus
  52. Waduh ini blognya membantu banget. Aku main pertama bingung langsung nyari bantuan hahaha
    Yaa pas main sambil baca "bantuan" ini langsung kelar sekali main :v happy ending
    Thanks bang 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehehe sama sama gan (y) kapan kapan ane bikin walkthrough lagi deh :3
      makasih banyak udah mampir :3

      Hapus
  53. Gan cara ambil buku nya giman :v ellie ny hadangin kamera trs ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya, suruh ellie ke laci (suruh dia coba buka), pas ellie lagi ngomong, langsung pindah kamera ke sebelah kanan :3 baru deh ellie bisa ngambil bukunya
      kalau kurang jelas, silahkan lihat penjelasan beserta gambarnya di atas :3 semoga berhasil :3

      Hapus
  54. Ya ampun min buka laci nya susah bgt ya kode nya 68 jadi na LCCCLC tpi pas d klik ko ga ke buka2 ya :'( pdahl udh merhatiin si ellie nhomong ngklik nya pas si ellie berhenti ngmong tpi tetep
    Ngklik nya gmna cra nya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener kok LCCCLC :3
      coba hati hati lagi pas ngekliknya :3 jangan kelebihan klik pas ellie selesai ngomong, langsung klik kode selanjutnya, jangan pas ellie selesai ngomong terus keklik sesuatu yang lain bukannya kode selanjutnya :3 itu bisa bikin kodenya keulang dari awal lagi, alhasil gak kebuka kebuka :D
      semoga berhasil :3

      Hapus
  55. organizer apaan sih? buka tasnya mau ngambil kedua barang itu ga bisa, tolong donggg

    BalasHapus
    Balasan
    1. organizer itu saya sebut memo di walkthrough diatas :3
      gak bisa buka tas buat ngambil dua barang itu gara gara belum ambil & baca memo/organizernya :3
      selamat mencoba :3

      Hapus
  56. Min bingung gimana cara buka kode tasnya, soalnya aku udh ambil cincinnya duluan dari jamur jadi aku gatau kedipannya berapa kali?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cincinnya bisa kok dipasang lagi :) nanti kalau ketinggalan kedipannya, bisa dicopot/ambil terus pasang lagi, abis itu perhatiin baik baik kedipannya :3 semoga berhasil

      Hapus
  57. Min gimana supaya ellie megang kacanya? Padahal itemnya udah di ke kacain dan udh aku suruh megang bintang juga tapi ellie nya tetep ga megang kacanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin sebelumnya ellie belum disuruh liat perintahnya ya :3 jadi gini, di laci tuh (setelah ambil sekop) ada tulisan M.OnStar gitu, itu perintah biar ellie mau megang kaca di atas bintang (mirror on star) :3
      jadi coba diliat lagi kedalem laci biar ellie bacain perintah M.OnStar itu :3 baru deh ellie mau ngelakuin perintahnya
      semoga berhasil :3

      Hapus
  58. Bang kode tas kamu apa yg itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. walah, macem macem gan :D soalnya main beberapa kali kodenya beda beda
      jadi sesuain aja kedipan yang didapet agan buat kodenya :D kemungkinan dapet kode sama tuh kecil bangett, jadi misalkan agan main ulang, kodenya bakal beda lagi :3
      makasih udah mampir :3

      Hapus
  59. Mata gua kering ngeliatin tu cincin kedap-kedip kek lampu deskotek-_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap kan yaa xD musti melek terus merhatiin kedipannya
      namanya usaha kan ya :D
      yoo makasih udah mampir :3

      Hapus
  60. Min atau gatau siapa :v
    Punya w yg bagian buka laci nya ko gabisabisa ya :3 kan kesel :3 pdhl udah sabar, pelanpelan, de el el :3
    Ko bisa bgt yak :3
    Btw, nekennya 7x pan(?)

    BalasHapus
    Balasan
    1. walahh, nekennya 6x doang gan :3
      sesuain aja 2 angka yang agan dapet itu jadi morse di diagram :3 kan satu angka tuh sama dengan 3 kali neken (misal panjang panjang pendek / C C L)
      coba dicek lagi 2 angka pertama di meja yang agan dapet tuh apa :D
      semoga berhasil :3

      Hapus
  61. Buka lacinya susah banget weh... gimana sih caranya 2 angka pertama 5 3 udah dicoba tapi gak bisa2

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau 5 sama 3, kodenya: pendek-panjang-pendek-pendek-pendek-pendek, artinya LCLLLL (buka laci kiri-tengah-kiri-kiri-kiri-kiri) :3
      semoga berhasil :3

      Hapus
  62. Balasan
    1. wah silahkan dicoba gan :D keren kok (y)
      makasih udah mampir gan :3

      Hapus
  63. keren mash bro geu dah selesai tapi baru good ending

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap gan, silahkan cobain bad endingnya :3
      makasih udah mampir :3

      Hapus
  64. Thanks admin dah ngerusak dan mempermudah keseruan game ini. Hahaha...kidding

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha namanya juga walkthrough kan yah xD
      makasih udah mampir :3

      Hapus
  65. Buat tambahan min...itu waktu yg di cincin memang kadang ada dpt 8 kedip ato 9 kedip (biasa klo 8 kedip..pasti ada angka 1 ato 2 di kodenya)

    BalasHapus
  66. Gimana caranya suruh ellie buat mantulin cahaya dari cermin :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ellie harus baca pesan yang ada di laci habis ambil sekop :3 tulisannya M.OnStar, baru deh ellie mau megang cerminnya di bintang :D
      semoga berhasil :3

      Hapus
  67. caranya masukin baju olahraga ke kloset gimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau udah ada item baju olahraganya, langsung aja masukin ke kloset, abis itu disiram :3 bisa kok~
      semoga berhasil :3

      Hapus
  68. Ko ellie aslin g muncul ya stlh pegng cermin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba diklik aja cerminnya, nanti disitu ada bayangan ellie asli kok :D
      semoga berhasil :3

      Hapus
  69. Gan cara buka lacinya gimana? Kok gabisa sihh-_- kode ane 583300

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita lihat 2 angka pertama, 5 dan 8, nah di tabel di dinding itu 5 kodenya pendek-panjang-pendek dan 8 kodenya panjang-pendek-panjang, jadi kode untuk buka lacinya adalah LCLCLC (L=kiri, C=tengah) :3

      Hapus
  70. pas buka lacinya kok susah bgt, kodenya 5&6 LCLLCC udah di teken teken tapi kok tetep nggak mau ya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kode itu nggak cuman diklik tapi klik smpe si elie bilang pgg tengah, pgg kiri.

      Hapus
  71. wew.. arigatou gozaimashita.. gw main sama walktrough ini cuma sejam udh tamat gan.. sumpah thank ya

    BalasHapus
  72. wew.. arigatou gozaimashita.. gw main sama walktrough ini cuma sejam udh tamat gan.. sumpah thank ya

    BalasHapus
  73. Udeh tamat hahaha kga berani yg bad end :v

    BalasHapus
  74. Gimna cara dapetin wallpapernya? Abis bad sama happy end cman dapet dua wallpaper.. hehe

    BalasHapus
  75. Gimna cara dapetin wallpapernya? Abis bad sama happy end cman dapet dua wallpaper.. hehe

    BalasHapus
  76. wew, tamat juga akhir'a.. makasih yak min..

    BalasHapus
  77. Selain menemukan korban. Maksudnya mirror on star itu ada pantulan cahaya menuju clue berikutnya, yg mengarah ke tembok tsb.

    BalasHapus
  78. Thx min -_- dri kmren gua mentok di bad end.gara2 nggak iat di bawah bantal,g liat cincin,g liat dlem tas -_- main pantul cahaya,angsung gua kerok temboknya,gua pecahin kode terus gue mati!smpe gue brusan baca suruh gali jamur -_- disitulah awal barunya.-_- keep it up min

    BalasHapus
  79. Akhirnya selesai jga
    Kren di permainan

    BalasHapus
  80. minta saran game yang genre sama dong gan :3

    btw back ground nya ntapz :v

    BalasHapus
  81. Kok ga bisa2 sih lacinya....kodenys 277315

    BalasHapus
  82. Thanks walktrough-nya gan. Aku baru donlod game ini tadi lalu mentok setelah dapat koin dan cermin. Bingung mesti gimana lagi (^^;) Untung nemu blog ini. Akhirnya bisa sampe bad dan good ending. Btw gimana cara supaya dapat ke 4 wallpaper-nya ya? Aku cuma kebuka 2

    BalasHapus
  83. Min cara buka kode tas gmn ?? Ane pusing tujuh keliling :'v
    Kode d meja = 083300
    Teyek min -w-)b

    BalasHapus
  84. gan ane kesusahan untuk mecahin kodenya.kodenya yg di cincin itu ___ ___ __ itu berarti sembilan tp aku coba kok gak kebuka sih tasnya tolong bantuannya gan

    BalasHapus
  85. dan yg paling bingung lg gan kedipan dari awal sampai akhir semuanya sama itu gimana ya gan ?

    BalasHapus
  86. Gan buka code tasnya brp ya bingung

    BalasHapus
  87. Buka lacinya ga bisa teruss....
    Kodenya kan 76 ...
    Ngkliknya harus cepet apa nunggu elli nya diem dulu gan...

    BalasHapus
  88. Bagaimana membaca cincin itu ?

    BalasHapus
  89. Balasan
    1. Yg murder room aku pernah nemu walktrough-nya tapi bahasa inggris. Lebih ngejlimet ketimbang ellie tapi seru ('')b

      Hapus
  90. Kode saya di cincin cahaya itu panjang,pendek,panjang..jeda..panjang,pendek,panjang..jeda..pendek,pendek itu kan kodenya..8,8,2

    BalasHapus
  91. Yang muncul hanya 8 kedipan gan tolong ya bantuin saya

    BalasHapus
  92. Tolong kasih tau dong cara buka laci meja nya kok gk bisa

    BalasHapus
  93. Gabisa,laci dah brapa kali dklick gk jalan,bantu min

    BalasHapus
  94. Min tolong bantu dong,cincin kedip terus gatau yg manaa,dahlama mainnya ni min gak bisa bisa

    BalasHapus
  95. Akhirnya tamat juga 😃 ni game mengasah otak skligus menguji kesabaran😁

    BalasHapus
  96. Gan tiap orang bakal dapet kode buat tas yg sama gaksih? Mau nyerah sama kode tas nihh:"

    BalasHapus

Silahkan berkomentar dengan baik '-')b